aku adalah aku

aku adalah aku
pramuka adalah hidupku !!

Rabu, 05 Mei 2010

kak SETO ,, ntar saya gantiin ya jabatannya sebagai ketua KOMNAS PERLINDUNGAN ANAK.



Hari ini tepatnya hari kamis tanggal 05 Mei 2010 kami mahasiswa psikologi konseling atau Bimbingan konseling Universitas Riau mengadakan penelitian tentang permasalahan remaja di SMA N 12 Pekanbaru. yang jelas permasalahan remaja itu buuuanyaaaaakkkkk banget ,,.. !!
kok tau ???? (yaiyalah ,,, saya kan juga pernah muda ,, hehehehehe)

apa aja ya permasalahan remaja ???

Adapun masalah yang dihadapi remaja masa kini antara lain :

a. kebutuhan akan figur teladan

Remaja jauh lebih mudah terkesan akan nilai2 luhur yang berlangsung dari keteladanan orang tua mereka daripada hanya sekedar nasihat2 bagus yagn tinggal hanya kata2 indah.

b. sikap apatis

Sikap apatis meruapakan kecenderungan untuk menolak sesuatu dan pada saat yang b ersamaan tidak mau melibatkan diri di dalamnya. Sikap apatis ini terwujud di dalam ketidakacuhannya akan apa yang terjadi di masyarakatnya.

c. kecemasan dan kurangnya harga diri

Kata stess atau frustasi semakin umum dipakai kalangan remaja. Banyak kaum muda yang mencoba mengatasi rasa cemasnya dalam bentuk “pelarian” (memburu kenikmatan lewat minuman keras, obat penenang, seks dan lainnya).

d. ketidakmampuan untuk terlibat

Kecenderungan untuk mengintelektualkan segala sesuatu dan pola pikir ekonomis, membuat para remaja sulit melibatkan diri secara emosional maupun efektif dalam hubungan pribadi dan dalam kehidupan di masyarakat. Persahabatan dinilai dengan untung rugi atau malahan dengan uang.

e. perasaan tidak berdaya

Perasaan tidak berdaya ini muncul pertama-tama karena teknologi semakin menguasai gaya hidup dan pola berpikir masyarakat modern. Teknologi mau tidak mau menciptakan masyarakat teknokratis yang memaksa kita untuk pertama-tama berpikir tentang keselamatan diri kita di tengah2 masyarakat. Lebih jauh remaja mencari “jalan pintas”, misalnya menggunakan segala cara untuk tidak belajar tetapi mendapat nilai baik atau ijasah.

f. pemujaan akan pengalaman

sebagian besar tindakan2 negatif anak muda dengan minumam keras, obat2an dan seks pada mulanya berawal dari hanya mencoba-coba. Lingkungan pergaulan anak muda dewasa ini memberikan pandangan yagn keliru tentang pengalaman.

Bentuk2 dari perbuatan yang anti sosial antara lain :

a. Anak2 muda yang berasal dari golongan orang kaya yang biasanya memakain pakaian yang mewah, hidup hura2 dengan pergi ke diskotik merupakan gaya hidup mewah yang tidak selaras dengan kebiasaan adat timur.

b. Di sekolah, misalnya dengan melanggar tata tertib sekolah seperti bolos, terlambat masuk kelas, tidak mengerjakan tugas dan lain sebagainya.

c. Ngebut, yaitu mengendarai mobil atau motor ditengah-tengah keramaian kota dengan kecepatan yang melampaui batas maksimum yang dilakukan oleh para pemuda belasan tahun.

d. Membentuk kelompok (genk2) anak muda yang tingkah lakunya sangant menyimpang dengan norma yagn berlaku di masyarakat, seperti tawuran antar kelompok.

waaaahhhh ternyata banyak juga yach ,,,
bagaimana cara menganalisis permasalahan remaja yang buuuaaanyak tersebut ,,,,
kami menggunakan angket SCT untuk mengetahui permasalahan mereka ...

yang jelas setiap manusia pasti mempunyai masalah. sekarang tergantung pada cara kita menyikapinya. buat para anak-anak remaja jangan takut, hadapi semua dengan senyuman. apabila kalian membutuhkan nasehat, masukan, ataupun motivasi jangan ragu untuk menghubungi orang terdekat atau konselor sekolah. rahasia kalian dijamin aman dan terjaga. karena azaz utama para konselor adalah kerahasiaan yang merupakan azaz kunci terlaksananya pelayanan konseling.



hari ini saya hanya penelitian tapi suatu saat nanti saya yang akan menjadi seorang konselor yang profesional yang akan membantu banyak orang. saya ingin menjadi konselor anak dan remaja. kak SETO ,, ntar saya gantiin ya jabatannya sebagai ketua KOMNAS PERLINDUNGAN ANAK.

OK kak !!!

12 komentar:

reri saputra mengatakan...

^_^

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

ini baru motivasi yang bagus!

richoyul mengatakan...

ayo semangat kejar impianmu, semoga besok bener2 bisa gantiin kak seto.amin

reri saputra mengatakan...

Terimakasih kawand . . . .

Iyah . .
Semangad . .
Pasti bisa gantikan kak seto . .
Ayn reri . .
Semangad ! !

Hdsence mengatakan...

wah siiip thu impian nya..
semoga tercapai,bisa gantiin kak seto...

met malam reri..
salam..

reri saputra mengatakan...

Iyah thnx . .
Selamat malam jga temand . . ! !
Amin !

readhermind-dy mengatakan...

kak Seto.. suka!
:)

reri saputra mengatakan...

Samah . . !
Saiia jga suka ! !

7 taman langit mengatakan...

penegtahuan yang sangat bermanfaat bagi saya selaku remaja
terima kasih sudah berbagi permasalahan remaja

Akmal Fahrurizal mengatakan...

Masalah mah emang untuk semua umur. .Gak cuma 17+ aja yang berhak menikmat "masalah" . .hehe . . *ngomong apa siy*

reri saputra mengatakan...

Iyah sama2 ! !

Jia a ah h . .
Bener . .
Setiap manusia mulai dari kecil mpe manula pasti punya mslh . .
Tpi spesial.a usia remaja adalah usia yg rentan ! !

Anonim mengatakan...

saya pengen tahu alamat komnas perlindungan anak.krn sy bnr2 sdh rindu kbr dari dari anak sy yg dibawa lari oleh ayahnya sampai2 dia tdk sekolah mpe skrg